Kamis, 14 April 2016

Student Plan


1.       Deskripsi Diri
Riwayat sekolah saya yaitu : SDN KARANG TENGAH, SMPN 1 GAYAM, dan SMAN 1 GAYAM. Waktu SD, saya pernah menjadi JUARA III MATEMATIKA Dalam Seleksi Olympiade MIPA tahun 2008 di tingkat kecamatan. Waktu SMP ekstrakurikuler yang saya ikuti adalah pramuka. Tapi setelah SMA, ekstrakurikuler yang saya ikuti adalah tari. Bahkan pernah sampai mengukuti lomba tari di tingkat kabupaten (kelas XI) dengan karangan tari sendiri. Selain itu, waktu kelas X saya juga pernah ikut olimpiade matematika tingkat kabupaten. Begitu pula pada kelas XI, saya mengikuti olimpiade kimia tingkat kabupaten. Menjadi JUARA 3 (WANITA) LOMBA FASHION ISLAMI juga pernah saya dapatkan di tingkat sekolah SMA. Saya juga pernah menjadi Siswa Berprestasi UPT. SMAN 1 GAYAM (BIDANG AKADEMIK) Tahun Pelajaran 2014/2015. Tak lupa pula mengikuti kursus bahasa inggris di DEC pamekasan pada tahun 2014 dan menjadi The Best Student of DEC Basic Grammar Program in Ramadhan Education. Yang menjadi kekuatan saya adalah kedua orangtua dan keluarga. Mereka yang selalu memotivasi saya. Begitu juga dengan guru-guru yang juga berperan dalam hal ini. Yang menjadi kelemahan saya adalah kurang percaya diri dengan kemampuan diri sendiri.

2.       Motivasi Memilih Program Studi
1. Masa depan lebih baik.
2. Ingin menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi.
3. Guru adalah pembentuk akal dan karakter bangsa.
4. Guru tidak hanya memberitahu dan menjelaskan, tapi juga menginspirasi anak didiknya.
5. Seorang guru sangat di segani.
Saya memilih prodi ini dengan keinginan diri saya sendiri. Orang tua pun sangat mendukungnya. Saya mengambil prodi PGSD karena peluang yang tersedia lebih banyak. Informasi ini saya peroleh dari guru maupun kedua orang tua saya serta keluarga saya lainnya yang selalu memotivasi saya.

3.       Rencana Pengembangan Potensi Diri
a)      Visi
Berguna bagi diri sendiri, keluarga, bahkan bangsa dan negara. Memiliki keahlian dan pengetahuan yang luas. Visi saya adalah "profesional dan disegani".
b)      Misi
1. Sopan dan santun dalam berperilaku maupun berbicara.
2. membuat pelajaran lebih menarik.
3. jujur dan disiplin dalam mengerjakan tugas.
4. Mampu mendidik, mengajar, dan memiliki jiwa kepemimpinan sosial.

4.       Cita-cita
Menjadi seorang guru yang profesional, disiplin bertanggung jawab, menjadi teladan yang baik, berpengetahuan luas, disegani, dan membanggakan.

5.       Rencana Peningkatan Prestasi Akademik
1. Mengenali diri sendiri agar bisa mencapai kesuksesan yang maksimal.
2. Melakukan perkembangan atau peningkatan dari sebelum-sebelumnya.
3. Mampu ber inovasi dan kreatif.
4. Kekurangan akan menjadi motivasi yang sngat kuat untuk lebih maju.
5. Belajar dari pengalaman.
6. Berbagi dengan teman.
7. Setiap semester IP harus meningkat.
8. Lulus sebelum 4 tahun.
9. Melatih mental menjadi lebih baik lagi.
10. Menggali bakat dan kemampuan agar lebih fasih.
11. Mampu bersaing dengan baik.

6.       Rencana Kegiatan Ekstrakurikuler
Lebih menggali kemampuan menari agar leih baik lagi. Menari tradisional menurut saya sangatlah menarik, karena di indonesia sangat banyak macam-macam tari tradisional dari tiap-tiap daerah yang berbeda. beragam jenis tari itu, akan menjadi sebuah tatangan yang bagus untuk meningkatkan kemampuan tari saya.

Sebagai calon seorang guru, saya akan melatih peserta didik saya untuk bisa mengembangkan kemampuan di bidang akademik maupun non akademik.
akademik: menggunakan metode pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik, sehingga menimbulkan rasa ingin tahu yang besar dan lebih memungkinkan untuk mengerti. Selain metode, media juga sangat berperan tentunya. oleh karena itu, saya akan lebih memahami lagi, seperti apa karakter anak didik saya, supaya penyampaiannya juga semakin cepat dan tepat.

non akademik: melihat bakat yang dimiliki oleh peserta didik dan menggali potensinya supaya lebih baik. seperti tari contohnya. faktor utama dari tari adalah gerak. selain fungsinya yang juga seperti senam dan menyehatkan itu, tri juga banyak digemari oleh anak kecil.


0 komentar:

Posting Komentar